Rabu, 27 Desember 2017

Ini Dia Beberapa Kriteria Bengkel Las yang Baik

Las adalah kegiatan menyatukan dua logam dengan bantuan busur listrik. Dalam kehidupan kita sehari – hari tentu sangat berkaitan dengan kegiatan las listrik. Walaupun bukan orang yang melakukan kegiatan las, tetapi kita tentu sering melihat orang yang sedang mengelas. Tukang las juga sering sekali kita temui di berbagai tempat. Misalnya di lingkungan rumah, jalanan, atau ada yang membuka bengkel las sendiri.

Pengelasan di rumah biasanya kita jumpai ketika rumah sedang dibangun ataupun direnovasi. Pengelasan di jalanan umumnya kita temui di fasilitas – fasilitas umum. Sedangkan, bengkel las adalah pusat para tukang las untuk bekerja. Biasanya pekerjaan yang dikerjakan di bengkel las adalah produk atau barang pesanan. Seperti teralis jendela, pagar, atau pintu besi. Jika pekerjaan harus dikerjakan di tempat pesanan, maka para tukang barulah bekerja di luar bengkel.

Nah kira – kira apa saja kriteria bengkel las yang baik? Ini dia beberapa diantaranya :

Bisa menghasilkan produk yang terbuat dari besi
Tentunya karena bengkel las ini bergerak di bidang logam, diharuskan untuk memiliki keterampilan dalam bidang tersebut. Para tukang las harus bisa membuat produk yang dibuat dari teknik pengelasan. Pada umumnya, jenis logam yang dibuat sebagai bahan dasar adalah besi. Beberapa contoh benda hasil dari pengelasan besi adalah tangga, kanopi, dan teralis. Semakin tinggi tingkat produk yang rumit, maka semakin lama juga proses dari pengelasannya.

Lokasi bengkel mudah dijangkau
Usaha yang didirikan akan sangat dipengaruhi oleh lokasi. Ini juga berlaku pada bengkel las. Pemilik dari bengkel harusnya mempunyai tempat yang mudah dicapai orang – orang yang ingin datang atau konsumen. Jika tidak, pelanggan atau konsumen ini akan merasa kesulitan untuk menemukan bengkel. Tetapi jika lokasi dari bengkel ini strategis, jumlah dari pelanggan yang datang semakin lama akan semakin banyak.

Menyediakan bahan – bahan las yang berkualitas
Kriteria selanjutnya yang harusnya dipunyai bengkel las adalah menyediakan bahan – bahan yang berkualitas. Bahan – bahan tersebut bisa berupa logam misalnya besi, stainless steel, dan juga alumunium. Bahan – bahan tersebut nantinya akan dipakai untuk pengelasan. Jika kualitas dari logam buruk, tentu produk yang dihasilkan juga akan buruk. Selain itu, bengkel juga harus selalu mengecek ketersediaan bahan logam mereka.Bila sudah habis, tentu proses dari pengelasan akan tertunda dan konsumen akan merasa kecewa.

Peralatan las yang digunakan berkualitas dan aman
Selain bahan, peralatan yang ada di bengkel juga harus diperhatikan. Peralatan seperti bor listrik, las listrik, dan pemotong besi harus memiliki kualitas. Jika kualitas peralatan baik, tentu alat – alatnya akan aman untuk digunakan. Apalagi pekerjaan mengelas termasuk dalam pekerjaan yang memiliki resiko tinggi. Jika tidak memperhatikan keamanan, tentunya akan berbahaya untuk keselamatan.

Dapat bekerja tepat waktu
Kriteria selanjutnya adalah bengkel bisa bekerja tepat waktu. Menjadi penyedia jasa tentu akan sangat berhubungan dengan ketepatan waktu. Jika pekerjaan bisa diselesaikan dengan tepat waktu, maka kepuasan dan kepercayaan pelanggan juga akan meningkat. Sebaliknya jika pekerjaan yang dikerjakan molor tentu akan sangat mengecewakan pelanggan.

Ketepatan waktu bisa menjadi bukti bahwa bengkel benar – benar memiliki pemahaman keahlian mengelas. Produk apapun yang dipesan harus bisa diselesaikan sesuai deadline yang dijanjikan dengan pelanggan.

Itu dia beberapa kriteria yang perlu dimiliki oleh bengkel las. Jika hal – hal tersebut sudah dipenuhi, maka bengkel termasuk bengkel las yang baik.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar