Rabu, 07 Maret 2012

5 Musisi Yang Terkenal Dengan Sebutan Club 27

Kematian Amy Winehouse mengingatkan kita pada musisi-musisi muda yang tewas di masa keemasaan mereka. Popularitas dan karir musik cemerlang tak lagi bisa menyelamatkan hidup mereka dari jeratan alkohol, drug, atau kebiasaan buruk yang kerap mereka lakoni di tengah spotlight dunia hiburan.

Selain Amy, ada sederet musisi-musisi dunia yang tewas di usia ke-27, yang semakin menambah mitos atas teori kebetulan yang dikenal dengan nama Club 27. Siapa saja mereka?

1. Amy Winehouse


London, Sabtu, 23 Juli 2011, musisi berbakat asal Inggris ini ditemukan tewas di rumahnya kawasan North London. Amy yang dikenal lekat dengan alkohol dan narkoba ini ditemukan tewas pukul 4.15 sore waktu setempat. Sampai saat ini penyebab kematian Amy masih simpang siur, meskipun pihak kepolisian mencurigai penyebabnya adalah overdosis obat-obatan. Di luar tampilannya yang urakan dan sering menghiasi media Inggris, dengan penampilan kacaunya, Amy adalah musisi jazz dan blues yang andal dan berkarakter. RIP Amy. We love you.

2. Kurt Cobain
Seattle, 4 April 1994, Kurt ditemukan tewas di rumahnya dengan kondisi mengenaskan, kepala hancur karena senapan yang ditembakkan ke mulut. Di samping mayatnya tergeletak selembar surat yang ditujukan kepada istrinya, Courtney Love. Hingga saat ini kematian Kurt masih jadi misteri meski diyakini dia meninggal karena overdosis, berhalusinasi dan menembak dirinya. Spekulasi lain menyebut Kurt tewas dibunuh. Terlepas dari misteri kematiannya, Kurt adalah musisi cerdas yang menandai perubahan besar dalam perkembangan musik di era 80-an dengan nafas Grunge dan alternative rock modern.

3. Jimi Hendrix
London, 18 September 1970, gitaris terbaik dalam sejarah musik rock ini menghembuskan nafas terakhir. Kematian Jimi masih menjadi misteri hingga kini mulai dari overdosis drug LDS dan alkohol, bunuh diri sampai dugaan pembunuhan. Terlepas dari misteri kematiannya, Jimi adalah musisi blues legendaris yang nama dan karyanya masih dikenang hingga kini.

4. Jim Morrison
Paris, 3 Juli 1971, Jim Morrison yang dikenal sebagai vokalis The Doors ini ditemukan tak bernyawa di bathtub apartemennya. Hingga kini penyebab kematiannya masih simpang siur karena tak pernah dilakukan otopsi. Dugaan saat itu adalah serangan jantung, meski sekitar tahun 2007 kembali muncul kabar bahwa Jim meninggal karena overdosis heroin. Jim memang dikenal sebagai vokalis yang dekat dengan seks, alkohol dan drug. Terlepas dari kehidupannya yang amburadul, Jim adalah salah satu dari 100 penyanyi terbesar sepanjang masa dengan wajah rupawan yang handal meramu musik, puisi, drama, dan theatrical stage persona menjadi karya besar. Jim memang abadi, dan satu quotes tentang kematian yang mewakili sosok Jim adalah `We`re reaching for death/on the end of a candle/We`re trying for something/that`s already found us.`

5. Janis Lyn Joplin

Los Angeles, 4 Oktober 1970, Janis Joplin ditemukan tewas di lantai kamar hotelnya pada usia 27 tahun karena overdosis heroin dan alkohol. Janis, adalah salah satu musisi wanita aliran rock-blues yang sangat populer di era 60-an. Majalah Rolling Stones bahkan menempatkannya di deretan Artis Terpopuler Sepanjang Masa. Karir Joplin memang singkat, tapi penganut antikemapanan ini meninggalkan warisan yang besar dalam dunia musik. Penggemar Blues akan mengingat Joplin sebagai orang yang meyakini soul blues itu dimiliki semua orang selama kita mau merasakannya.
 
 Sumber : Berita Aneh
Share:

0 komentar:

Posting Komentar