Minggu, 14 Agustus 2011

Musim Alami Yang Mengerikan


MUMMY Museum (Museo de las momias) merupakan tempat wisata yang berhasil menarik banyak wisatawan di Guanajuata, Meksiko. Daya tarik museum ini adalah terdapatnya tubuh-tubuh manusia yang dimumikan secara alami dikarenakan adanya wabah kolera di Guanajuata pada 1833.

Antara tahun 1865 hingga 1958 mumi-mumi tersebut digali dari kuburannya. Saat itu para sanak saudara diminta untuk membayar pajak agar mayat keluarganya bisa tetap dikubur. Dikarenakan banyak keluarga yang tidak mampu membayar pajak, sebanyak 90% dari mayat-mayat tersebut digali. Hanya sekitar 2% diantaranya yang dimumikan.

Mayat-mayat yang dimumikan ditempatkan dalam sebuah gedung. Para petugas gedung mengenakan sejumlah uang kepada mereka yang penasaran untuk melihat wujud mumi. Dengan berjalannya waktu, tempat ini mengalami pertumbuhan dan menjadi daya tarik wisata yang cukup besar. Melalui potensi itulah kemudian pemerintah mengubah tempat ini menjadi sebuah museum.

Ketika wabah korela merajalela di kalangan masyarakat, mereka yang meninggal karena penyakit tersebut segera dikuburkan secepat mungkin untuk mencegah penyebaran kolera. Dalam masa percobaan, beberapa tubuh dikubur hidup-hidup secara kebetulan. Untuk itulah beberapa mumi memiliki ekspresi mengerikan pada wajah mereka.

Jika hendak mengunjungi museum ini, siapkanlah mental Anda karena mungkin saja merasa mual ketika melihat wujud dari para mumi tersebut. (musttravel.com/MI/ICH)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar