Rabu, 23 Maret 2011

Akibat Gempa Jepang Sumbu Bumi Berubah, Percepat Rotasi




Sumbu Bumi Berubah, Percepat RotasiNASA menyatakan kalau Gempa bumi yang melanda Jepang telah memperpendek hari di Bumi sepersejuta dari satu detik atau 1,8 mikrosecond.

Bukan hanya memperpendek hari di bumi, gempa Jepang juga diklaim telah mengubah sumbu Bumi sekira 6,5 inci. Dengan hal terjadinya seperti ini gempa tersebut juga dapat menyebabkan Bumi berputar menjadi lebih cepat,” ujar Richard Gross”,

Gempa tersebut juga mempengaruhi perubahan posisi poros Bumi. Perubahan ini akan menyebabkan perubahan rotasi Bumi, tetapi tidak menyebabkan posisi poros Bumi di luar angkasa, hanya kekuatan seperti daya gravitasi matahari, bulan dan planet yang dapat melakukan hal tersebut.

Rotasi Bumi berubah setiap saat, yang tidak hanya disebabkan oleh gempa Bumi, namun juga karena efek perubahan iklim, angin dan laut. Selama satu tahun panjangnya hari bertambah dan berkurang sekira satu miliseken, atau sekira 550 kali lebih besar dari perubahan yang disebabkan oleh gempa Jepang,” ujar “Gross”.

Posisi dari poros Bumi juga berubah setiap saat, dengan sekira 3,3 kaki dalam setahun atau sekira enam kali lebih besar dari perubahaan akibat gempa Jepang,” tambah Gross.
Gross menyatakan kalau perubahan poros dan rotasi Bumi tidak akan berdampak pada kehidupan keseharian. Hanya saja hal gempa bummi tersebut akan terjadi lagi.Perubahan rotasi bumi hal yang biasa dan bukan terjadi hanya sekali saja. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan hal ini. Yang pasti kita harus siap dan menjaga diri kita setiap saat, karena gempa tersebut bisa saja terjadi kembali.
Demikian artikel dari kami, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar